25 September 2016

Perkembangan 4G LTE

Jika dulu dikenal handphone yang hanya bisa berfungsi untuk sekedar telepon dan sms. Kini dikenal smartphone yang memiliki fitur lebih dari sekedar telepon dan sms.

Dewasa ini smartphone adalah salah satu hal yang paling melekat dalam diri seseorang. Dahulu smartphone dianggap sebagai barang tersier, namun kini mungkin dapat dianggap sebagai kebutuhan sekunder bahkan kebutuhan primer. Hampir setiap orang memiliki setidaknya satu gadget bahkan ada yang memiliki lebih dari satu gadget.

Fitur lain selain telepon dan sms yang ditanamkan pada smartphone pada masa kini antara lain adalah fitur chatting, browsing, dan video call. Fitur tersebut hanya dapat dinikmati jika kita berlanggan paket data dengan operator tertentu. Tanpa adanya paket data tersebut, praktis smartphone kita hanya dapat untuk telepon dan sms.

Paket data erat kaitannya dengan kecepatan akses internet. Akses internet nirkabel yang digunakan kini telah berkembang sangat pesat. Sebutan untuk internet nirkabel yang pertama adalah 1G (First Generation) lalu berkembang menjadi 2G dan 3G hingga yang terbaru diberi nama 4G LTE.

4G LTE (Fourth Generation Long Term Evolution) dikembangkan sejak 2008 oleh ITU-R (International Telecommunication Union Radio), Huawei, Ericsson, Vodafone dan AT&T yang tergabung dalam 3GPP (Third Generation Partnership Project). Pada akhir 2009 4G LTE resmi mengudara untuk yang pertama kalinya di Norwegia dan Swedia tetapi untuk saat ini  Korea Selatan menjadi negara dengan 4G LTE terluas dan stabil di dunia.

Lalu bagaimana di Indonesia? Pertengahan 2015 setelah regulasi dan pengaturan frekuensi telah selesai. Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Smartfren dan Tri Hutchinson menjadi operator yang telah hijrah ke 4G LTE. Dengan hadirnya 4G LTE di Indonesia maka diharapkan masyarakat dapat menikmati internet dengan lebih cepat, lebih stabil, lebih nyaman dan lebih efisien.

Dirangkum dari berbagai sumber:
Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *